Selasa, 17 Juni 2014

Pengertian Amplitudo

  • Amplitudo adalah besarnya perubahan variabel berosilasi dengan masing-masing osilasi dalam suatu sistem berosilasi. Sebagai contoh, gelombang suara di udara adalah osilasi dalam tekanan atmosfer dan amplitudo sebanding dengan perubahan tekanan selama satu osilasi. Jika sebuah variabel mengalami osilasi biasa, dan grafik sistem ini digambar dengan variabel berosilasi sebagai sumbu vertikal dan waktu sebagai sumbu horisontal, amplitudo secara visual diwakili oleh jarak vertikal antara ekstrem kurva dan nilai keseimbangan. Amplitudo merupakan pengukuran skalar magnitudo ayunan suatu gelombang. Amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak terjauh dari garis keseimbangan dalam gelombang sinusoidal.

    Unit Amplitudo

    Unit tergantung pada sejauh mana fenomena tersebut:

    1. Pada arus bolak-balik ini biasa untuk menggunakan amplitudo kuadrat rata-rata diukur dalam volt atau ampli, tergantung pada aspek aliran ini yang sedang dipelajari.
    2. Dalam amplitudo gelombang elektromagnetik berhubungan dengan akar kuadrat dari intensitas radiasi dan harus terkait dengan medan listrik dari gelombangang. Dalam hal gelombang cahaya dikur dengan intensitas cahaya yang bersinar dan biasanya diukur dalam candelas.
    3. Dalam amplitudo gelombang suara adalah tekanan atmosfer dan oleh karena itu unit untuk amplitudo gelombang suara dapat menjadi pascal, yang milibar atau unit lain dari tekanan.
    4. Untuk gelombang mekanik atau amplitudo perpindahan getaran dan memiliki unit panjang.
  • Amplitudo dapat bersifat konstan (dalam hal ini gelombang adalah gelombang kontinu) atau berbeda dengan waktu dan / atau posisi.

    Jika gelombang adalah gelombang sinus murni, hubungan antara puncak ke puncak, puncak, dan RMS amplitudo yang tetap dan diketahui, karena setiap gelombang tersebut bergerak secara periodik dan terus menerus. Namun, ini tidak benar untuk suatu bentuk gelombang yang tidak selalu periodik atau berkesinambungan.

    Semoga Bermanfaat

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar